Friday, November 29, 2013

mulai bisnis budidaya jamur tiram putih

budidaya jamur tiram putih secara tehknis sudah saya paparkan sebelumnya di tips 1 dan di tips 2, tips 3 , serta tips 4...dalam teorinya pada dasarnya adalah mudah yaitu mengetahui suhu dan kelembaban dalam ruangan kumbung jamur tiram putih.
logikannya jamur tiram tumbuh dipermukaan kayu atau apapun yang lapuk dan mengandung selulosa dan liknin. pertumbuhan jamur tiram putih yang maksimal jika antara suhu dan kelembaban stabil
coba kita lihat jamur yang tumbuh bebas di alam biasaya jamur tumbuh setelah ada hujan dan angin
jadi dalam ruangan kumbung jamur tiram perlu adanya penyiraman yang rutin serta sirkulasi udara yang memenuhi persyaratan tumbuh jamur tiram cukup agar pertumbuhan jamur tiram putih bisa maksimal.
alat untuk melihat suhu dan kelembaban biasa disebut dengan thermohigro yang bisa didapat di toko2 alat2 kedokteran kesayangan anda (emangnya bioskop hehehe...hehe..)

untuk memulai budidaya jamur tiram perlu membeli baglog/ media tanam jamur tiram (nie penyedia baglog jamur tiram di kota malang 081945740134)atau membuatnya sendiri coba lihat cara pembuatan baglog daripada membeli lebih menguntungkan membuatnya dirumah hehehe... akan tetapi resiko produksi lebih besar daripada budidayanya, juragan harus mempunyai suhu/ guru untuk mengajari agar tidak tersesat dijalan yang benar hahaha..hahahaha..
yang perlu dicermati dalam budidaya jamur tiram sebenarnya masalah management produksi serta kontinuitas pasar karena hal ini yang lebih sulit daripada tekhnis budidayanya..

sekian dulu yah capek nie ngetik mulu....kalu kurang jelas bisa tanya di nomor yang diatas atau buka2 postingan saya yang dulu..
ayo berwirausaha dengan BUDIDAYA JAMUR TIRAM

1 comment: