Friday, May 3, 2013

Budidaya jamur tiram di daerah panas



Berbicara tentang budidaya jamur tiram pasti berbicara masalah suhu serta kelembaban,  karena kedua faktor  inilah dianggap sangat penting karena sangat mempengaruhi pertumbuhan jamur tiram dalam perawatannya.
Pada dasarnya untuk pertumbuhan jamur tiram yang maksimal pengaturan temperatur suhu harus dibawah 30 derajat C serta kelembaban antara 70-90%
Lalu apakah bisa mengoptimalkan budidaya jamur tiram di daerah panas?
Ok bos berikut tips2 budidaya jamur tiram  (menurut saya : sebelumnya minta maaf kalo da kesalahan dan  kekurangan yah )
Tau ngga’ JAMUR BARAT? Yaitu jamur yang liar biasanya sih ukurannya besar dan nongol ketika setelah ada angin serta hujan, Kata “BARAT” jawa. Artinya “angin” dalam  bahasa indonesia.
Nah dari situ bisa kita ambil kesimpulan keinginan pertumbuhan jamur haruslah antara udara/ angin harus seimbang dengan air/ penyemprotan.
Jadi budidaya jamur di daerah panas bisa dioptimalkan dengan cara pemberian udara dan penyemprotan yang cukup akan menghasilkan suhu dan kelembaban yang diharapkan.
Langkah I adalah Pemberian ventilasi dalam kumbung sangatlah penting, buatlah ventilasi dengan sistem buka tutup yang dapat ditutup jika udara panas dan dibuka saat udara dingin
Langkah II adalah Hindari juga sinar  matahari secara langsung yang mengakibatkan jamur  menjadi kuning dan  kering. Dapat dihindari dengan pembangunan kumbung jamur menghadap utara dan selatan atau dengan cara anda  tambahkan plastik hitam di  ventilasinya dengan cara memasang/ menempelkan bagian atasnya (seperti kalender ) jadi jika terkena angin saja bisa terbuka sedangkan sinar matahari tidak dapat masuk.
Langkah III adalah penyiraman yang rutin tergantung kelembaban dalam ruangan. Penyemprotan bukan hanya pada baglog saja melainkan seluruh ruangan dinding, atap serta tanahnya (pasangkan termohigrometer untuk pengecekkan)...ingat angin panas yang masuk akan menyebabkan penguapan yang berlebihan pada baglog yang berakibat juga mengerasnya permukaan baglog sehingga akan  menghambat pertumbuhan jamur tiram.
Semoga bermanfaat yah....
Jika ada pertanyaan silahkan ketik di komentar ya gan

2 comments:

  1. saya pnya jamur gan tapi skrang gak produktif apa karna musim panas

    ReplyDelete
  2. saya pnya jamur ug musim panas gnie gak produktif ya?

    ReplyDelete